Total Tayangan Halaman

Jumat, 22 April 2011

GEMPA SMADA

        Mungkin kalian bingung apa yang dimaksud dengan Gempa Smada. Gempa Smada adalah salah satu ekstra kulikuler SMAN 2 Nganjuk yang bergerak di bidang ke-paskibraka-an. Ekskul ini mulai berdiri resmi sejak tahun 2000 lalu dan sampai saya menulis artikel ini GEMPA SMADA telah mencapai generasi ke X (sepuluh). 
        Saya mulai bergabung dalam GEMPA SMADA pada tahun 2005 tepatnya di Generasi 5, pada waktu itu perekrutan dilakukan bersamaan dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) ketika saya baru masuk di SMAN 2 Nganjuk. Dan pada waktu itu ada kakak-kakak yang mencari calon-calon petugas upacara untuk MOS. Mungkin melihat postur tubuh saya yang lumayan tinggi (pada waktu itu) salah seorang kakak "menggeret" saya untuk bergabung. Awalnya saya  ogah-ogahan, tapi berhubung kakak tersebut memberi saya iming-iming untuk mengikuti seleksi Paskibra Kabupaten, akhirnya saya luluh juga. Jadilah di pagi yang cerah itu juga saya berangkat ke alun-alun kota untuk ikut seleksi Paskab. Dan alhamdulillah di seleksi Gelombang 1 saya langsung dinyatakan diterima,sedang kakak yang mengajak saya tadi harus ikut seleksi sampai gelombang berikutnya sebelum akhirnya dinyatakan diterima juga,hehe... :D

         Tempo 10 tahun bukanlah waktu yang singkat dalam membesarkan organisasi ini. Banyak cerita yang pasti didapat muncul di dalam organisasi ini. Dan pastilah "semakin tinggi pohon, semakin besar tiupan angin yang menerpanya".



KESAN:
GEMPA mengenalkan saya akan arti sebuah persaudaraan. GEMPA menempa fisik saya agar  kuat menjalani rutinitas sehari-hari. GEMPA menguatkan mental saya agar mampu bertahan menjalani kehidupan  yang semakin berat. GEMPA selalu mengingatkan saya agar tidak mudah putus asa,tidak sombong dan selalu ingat kepada-Nya. GEMPA melatih saya agar dapat mengatur emosi diri. GEMPA mengajarkan saya akan arti sebuah tim yang solid. GEMPA mengenalkan  pada saya betapa menjadi seseorang yang harus patuh dipimpin itu sulit. GEMPA memberitahukan saya betapa susahnya menjadi seorang pemimpin yang harus memegang amanah. Insya Allah GEMPA akan terus  melahirkan calon-calon hebat pemimpin bangsa ini.

PESAN:
Lebih kurang 3,5 tahun sudah saya lulus dari SMA 2 Nganjuk tercinta. Tiga setengah tahun sudah saya meninggalkan rutinitas latihan Gempa. Betapa indahnya masa-masa pendidikan dulu, hingga setiap waktu pulang kampung adalah hal yang paling saya nantikan untuk mengunjungi adik-adik saya di sana. Tak peduli masa libur hanya sehari, selalu saya usahakan berkunjung. Bukan karena saya ingin terkenal di kalangan adik-adik saya, tapi saya ingin melihat perkembangan adik-adik kebanggaan saya di sana selagi saya masih diberi kesempatan untuk melihatnya. Karena apa???
Kerena setiap melihat mereka, semangat saya selalu muncul kembali. Mereka itu anak-anak hebat yang penuh semangat. Emosi mereka meluap-luap khas anak muda yang penuh motivasi untuk selalu maju. Saya yakin mereka akan menjadi tonggak-tonggak pimpinan negeri ini di masa yang akan datang. Dan mengenal mereka saat ini artinya sudah memberi saya kesempatan untuk berkenalan lebih dulu dengan orang-orang hebat di masa depan. Buat adik-adikku yang saya banggakan, hidup ini hanya sekali,amanah pun belum tentu datang dua kali, maka manfaatkan lah dengan sebaik mungkin. Pilihan ada ditanganmu. Kepahitan hidup yang menyiksa seseorang itu  ibarat segenggam obat pahit yang dimasukkan dalam segelas air.Betapa pahit rasa air tersebut bila diminum. Tapi ketika segelas air yang telah tercampur dengan obat pahit tersebut dituangkan dalam air danau yang begitu luas, tentu saja kalian tidak akan merasakan  lagi tentang kepahitannya. Jadi intinya,”Seberapapun menyiksanya cobaan hidup yang menghadang seseorang, hanyalah sebuah sikap LAPANG DADA dalam menghadapinya-lah yang membedakannya”.
Maju terus Dek, kalian hebat! TETAP SEMANGAT…!!! :)


Foto ketika masih aktif di GEMPA SMADA kelas 11 SMA

4 komentar:

  1. fotonya mas, jadi mengingatkan saya sama adek saya..:D

    BalasHapus
  2. sekarang sudah generasi XII mas..kapan-kapan datang untuk memberikan materi ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Dek, mau materi tentang apa emangnya? hehe...

      Hapus