Total Tayangan Halaman

Minggu, 09 Oktober 2011

Lambang BIREME'08

BIREME'08, begitulah nama angkatan 2008 ku di Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS. Saat ini kami sedang punya gawe besar yaitu membuat kemeja angkatan. Nah, disanalah ada usulan untuk menampilkan lambang angkatan...,dan saya punya sebuah ide gila untuk lambang angkatan saya tapi yang pasti saya tetap mengedepankan FILOSOFI dalam merancang lambang angkatan ini. Cekidot gan..... :)






Contoh, pada PD II unit-unit kapal selam Inggris dan Australia mengibarkan bendera tengkorak saat masuk pelabuhan sebagai tanda suksesnya sebuah misi serta keberanian dalam bertempur.

Satuan Waffen SS devisi 33 (Tottenkopf), juga menggunakan lambang tengkorak ini. Dalam perang teluk, kapal-kapal perang Inggris yang telah menembakkan rudal tomahawk, yaitu HMS Trafalgar, HMS Triumph, HMS Turbulent kembali ke pangkalan dengan mengibarkan bendera tengkorak.

Untuk memaknai kibaran bendera tersebut, dapat diambil dari makna yang terdapat pada sejarah kapal yang mengibarkan. Salah satu yang bisa dipakai sebagai makna adalah pengibaran tersebut dilaksanakan oleh kapal-kapal yang kembali ke pangkalan dengan membawa keberhasilan atau kesuksesan pelaksanaan misi mereka.

Misi-misi tersebut merupakan misi yang menantang bahaya, penuh keberanian, serta bersifat heroic. Hal tersebut seperti kibaran bendera tengkorak pada perang dunia II maupun saat perang Teluk.

Kita juga sering melihat KRI Dewaruci mengibarkan bendera tersebut. Karena banyaknya pendapat yang berbeda, sehingga jika KRI Dewaruci terlihat mengibarkan bendera tengkorak, MAKA ITU BISA BERMAKNA KAPAL TERSEBUT TELAH BERHASIL MELAKSANAKAN MISI-MISINYA.

Selama puluhan tahun melayari samudra-samudra ganas, berhadapan dengan badai, dan keganasan alam yang lain dengan mengandalkan perlengkapan kapal yang dipertahankan berupa peralatan tradisional. Selama itu pula KRI Dewaruci telah berhasil melaksanakan tugas yang dibebankan. (",)v

(Dari berbagai sumber)
Thanks, no offence gan.... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar